Telkomsel mencatat terjadinya lonjakan trafik internet sebesar 21 persen sepanjang Ramadan dan Idulfitri 2022, dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Peningkatan ini setara 45,1 Petabyte (PB).
Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono menyebut, perayaan Idulfitri tahun ini jadi momen menjaga tali silaturahmi dengan dukungan jaringan broadband dari Telkomsel.
Saki mengatakan, makin tingginya adopsi gaya hidup digital sebagai bagian dari adaptasi pandemi membuat terjadinya lonjakan trafik layanan data hingga 21 persen dibanding periode Lebaran tahun lalu, atau 9 persen dibanding hari biasa.
Sementara layanan SMS dan panggilan suara (voice) justru mengalami penurunan 31 persen di Idulfitri 2022 dibandingkan tahun lalu.
“Lonjakan trafik komunikasi layanan data dan digital didorong oleh tumbuhnya aktivitas digital pelanggan,” kata Saki, dalam keterangan resmi Telkomsel, Jumat (6/5/2022).
Ada pun meningkatan trafik disumbang oleh layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang naik 21 persen, mobile gaming yang meningkat 17 persen, streaming video meningkat 16 persen, dan akses media sosial yang naik 3 persen dibandingkan hari biasa.
Adapun akses untuk layanan e-commerce turun 38 persen dan aktivitas browsing pun berkurang 7 persen.
Ada beberapa platform yang mengalami peningkatan trafik internet Telkomsel. Misalnya aktivitas di WhatsApp tumbuh 35 persen, TikTok meningkat 16 persen, Instagram naik 15 persen, YouTube melonjak 13 persen, dan Facebook naik 1 persen.
Aktivitas digital pelanggan tersebut ikut berkontribusi pada pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen Ramadan dan Idulfitri 2022 dibanding hari biasa.